Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

24 Tahun Lalu, Teleskop Hubble Diluncurkan ke Antariksa

24 Tahun Lalu, Teleskop Hubble Diluncurkan ke Antariksa
24 Tahun Lalu, Teleskop Hubble Diluncurkan ke Antariksa
Teleskop luar angkasa Hubble di orbit Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Siapa tak kenal Hubble? Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit Bumi.

Namanya diambil dari nama seorang ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble, yang tidak lain adalah penemu hukum Hubble, yang berlaku di dalam astronomi.

Asal Anda tahu, sebagian besar benda-benda angkasa yang berhasil diidentifikasi sampai hari ini adalah berkat jasa teleskop Hubble.

Pada tahun 1962, Akademi Sains Nasional Amerika merekomendasikan untuk membangun sebuah teleskop angkasa raksasa.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1977, kongres mulai mengumpulkan dana untuk proyek tersebut. Pada tahun yang sama pula, pembuatan teleskop angkasa Hubble segera dimulai.

Konstruksi teleskop Hubble, berhasil diselesaikan pada tahun 1985. Hubble di'angkasakan' untuk pertama kalinya pada tanggal 24 April 1990.

Padahal, Hubble direncanakan untuk mulai dioperasikan pada tahun 1986. Tetapi, pengoperasiannya ditunda sementara karena bencana Pesawat Angkasa Challenger.

Beberapa tahun setelah dioperasikan, Hubble mengirim gambar yang buram dan tidak jelas. Pada akhirnya NASA menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia! 

Pada bulan Desember 1993, beberapa astronot menaiki pesawat ulang-alik Endeavor dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.

Lensa primer teleskop Hubble berdiameter 2,4 m, dan beratnya mencapai 826 kilogram. Lensa ini terbuat dari kaca silika yang dilapisi oleh lapisan tipis aluminum murni untuk merefleksikan cahaya.

Selain lapisan aluminum, lensanya juga memiliki lapisan magnesium fluorida yang berguna untuk mencegah oksidasi dan sinar ultraviolet (UV) dari Matahari agar lensa tidak cepat rusak.

Teleskop luar angkasa Hubble berada di ketinggian 560 kilometer di atas permukaan Bumi. Ketebalan teleskop ini mencapai 13,1 meter, berdiameter 4,27 meter dan memiliki berat 11.000 kilogram.

Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. Tabung oranye yang ada pada teleskop adalah sumber tenaga Hubble.

Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan dalam mempelajari, mengobservasi dan memahami tentang jagad raya, objek luar angkasa (lubang hitam, galaksi, bintang), dll.

Hubble adalah teleskop angkasa yang berhasil menemukan Xena, anggota tata surya ke-10 beserta Gabrielle, satelitnya.

Selain itu, Hubble juga banyak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa seperti supernova, lahirnya bintang, dan tabrakan bintang.

Anda bisa melihat foto-foto hasil observasi melalui teleskop Hubble di situs ini. Selamat ulang tahun, Teleskop Hubble!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.