Tiga Astronot ISS Telah Kembali ke Bumi

Tiga astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang kembali ke Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Seorang astronot Amerika dan dua kosmonot Rusia berhasil melakukan pendaratan ke Bumi di tengah salju pada Senin malam (10/3), mereka bertiga telah sukses melakukan misi 5 setengah tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kapsul antariksa Soyuz buatan Rusia yang membawa astronot NASA, Mike Hopkins, dan kosmonot Rusia Oleg Kotov dan Sergey Ryazanskiy mendarat di Kazakhstan pukul 11:24 waktu setempat ( 22:24 WIB), setelah 3 setengah jam dari orbit Bumi.

Suhu Kazakhstan yang mencapai -18 derajat Celcius di lokasi pendaratan dan angin kencang dengan salju yang dingin menyambut kedatangan ketiga antariksawan ini dari langit.

Karena kondisi ekstrim ini, tim pemulihan tidak mendirikan tenda medis seperti biasanya untuk ketiga astronot. Justru Hopkins, Kotov dan Ryazanskiy langsung diangkut helikopter setelah dikeluarkan dari kapsul Soyuz.

Ketiganya telah menghabiskan 166 hari di orbit Bumi, di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan misi mereka sempat diperpanjang hampir selama 24 jam. Pihak NASA sempat menunda kembalinya ketiga astronot ke Bumi karena cuaca buruk di Kazakhstan.

Ketiga astronot yang kembali ke Bumi merupakan kru Ekspedisi 38, yang kini telah berakhir karena masa tugas mereka telah usai di luar angkasa

Pada hari Minggu (9/10), Kotov resmi menyerahkan kendali ke Koichi Wakata, astronot Jepang pertama yang menjadi pemimpin misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Wakata memimpin Ekspedisi 39, dengan rekannya astronot Amerika bernama Mastracchio dan kosmonot Rsuia bernama Mikhail Tyurin.

Misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional sebelumnya dijadwalkan berakhir pada tahun 2020, namun Presiden Barack Obama menambahkan waktunya hingga tahun 2025.