Teleskop Antariksa Hubble Rilis Citra Galaksi Ubur-ubur

Teleskop Antariksa Hubble Rilis Citra Galaksi Ubur-ubur
Galaksi Ubur-ubur yang ada di gugus galaksi Abell 3267. Kredit: NASA, ESA
Info Astronomy - Inilah citra terbaru dari Teleskop Antariksa Hubble yang menunjukkan galaksi ESO 137-001, yang terletak di gugus galaksi Abell 3627 di Triangulum Australe.

Galaksi spiral ini sungguh unik karena terlihat seperti ubur-ubur lengkap dengan tentakel untuk bergerak di ruang hampa udara.

Tapi jangan tertipu oleh penampilan tenangnya. ESO 137-001 ini sedang mengeluarkan gas dan debu secara membabi buta karena sangat panas, gas dan debu yang menyebar tersebut memenuhi gugus. Interaksi ini membentuk bintang biru baru.

Teleskop Antariksa Hubble Rilis Citra Galaksi Ubur-ubur
Emisi gas super panas berwarna kebiruan. Kredit: NASA, ESA
Citra kedua di atas ini merupakan gabungan dari hasil observasi Hubble dan Chandra X-ray Observatory. Sebagian besar gas super-panas nampak berwarna ungu kebiruan, dan hanya bisa dilihat melalui spektrum sinar-X.

Dari sudut pandang kita di Bumi, Galaksi Ubur-ubur ini ditemukan di Triangulum Australe, yang merupakan bagian dari Gugus Norma yang jaraknya sekitar 200 juta tahun cahaya dari Bima Sakti (galaksi kita).

ESO 137-001 bergerak melalui gugus galaksi Abell 3627. Semua gas super-panas di wilayah ini membuat ESO 137-001 mengandung banyak gas pada strukturnya.

"Garis-garis ini sebenarnya bintang muda panas, terbungkus dalam aliran gas tipis yang bergerak melalui ruang hampa," tulis pusat informasi Hubble milik Lembaga Antariksa Eropa.
Teleskop Antariksa Hubble Rilis Citra Galaksi Ubur-ubur Teleskop Antariksa Hubble Rilis Citra Galaksi Ubur-ubur Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/24/2014 01:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.