Tata Surya Kita Memiliki Anggota Baru

Tata Surya Kita Memiliki Anggota Baru
Ilustrasi. Kredit: ESO, ESA
Info Astronomy - Para astronom telah mengidentifikasi sebuah planet katai (dwarf) yang jauh dari tata surya kita. Planet ini disebut 2012 VP113 dan es menjadi komposisi planet ini, diameternya diperkirakan 450 kilometer saja.

Jarak planet katai baru ini dikabarkan lebih jauh daripada jarak Matahari-Pluto. Sampai saat ini, hanya satu obyek seperti lainnya telah terlihat mengorbit di luar planet-planet utama pada wilayah angkasa yang disebut “inner Oort Cloud”.

Obyek yang ditemukan sebelumnya, disebut 90377 Sedna, berada di jarak 77 SA (Satuan Astronomi, 1 SA setara 150 juta kilometer) dari tata surya dan ditemukan 10 tahun lalu. Para ilmuwan percaya bahwa ada ratusan obyek akan terdeteksi.

“Kami menggunakan kamera yang tersemat di teleskop berdiameter 4 m di Chile,” kata Scott Sheppard dari Carnegie Institution of Science di Washington, AS.

“Survei kami terbatas hanya di wilayah kecil di angkasa. Kami memprediksi berdasarkan obyek yang satu ini, akan ada 900 obyek lainnya. Beberapa objek yang mungkin akan terdeteksi dapat lebih besar dari Pluto, bahkan bisa lebih besar dari Mars atau Bumi,” ujarnya.

Pengamatan 2012 VP113 dilaporkan dalam jurnal Nature. Para astronom memprediksi bahwa obyek tersebut merupakan anggota tata surya kita yang baru.

Sheppard dan rekannya Chad Trujillo, dari Observatorium Gemini di Hawaii telah melakukan kalkulasi bahwa 2012 VP113 membutuhkan 4.000 tahun lamanya untuk mengelilingi Matahari.
Tata Surya Kita Memiliki Anggota Baru Tata Surya Kita Memiliki Anggota Baru Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/28/2014 03:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.