Lihat Venus di Titik Elongasi Tertinggi

Lihat Venus di Titik Elongasi Tertinggi
Letak Venus pada 23 Maret 2014 pukul 13:30 WIB. Kredit: In The Sky
Info Astronomy - Planet Venus akan muncul begitu terang dan sangat bagus untuk diobservasi pada Minggu dinihari, 23 Maret 2014.

Kedudukan Venus di langit Bumi selalu dekat dengan Matahari sejak orbitnya terletak lebih dekat ke Matahari dibanding Bumi.

Esok hari, Venus akan mencapai titik terjauhnya di sebelah barat Matahari, yang berarti bahwa cahaya Venus akan lebih terang, bahkan sampai magnitudo -5.1 di ufuk Timur selama beberapa jam sebelum Matahari terbit.

Pada saat berada di titik elongasi tertinggi, Venus akan terletak di konstelasi Aquarius, 46°33' dari Matahari di langit Bumi. Deklinasi Venus saat itu adalah -14°18'35". Akan dengan mudah diamati di Indonesia.

Ya, Venus akan sangat baik diamati di daerah lintang antara 55°U dan 84°S.  Interval waktu yang tepat untuk melihat Venus tergantung pada lintang geografis Anda.

Untuk Jakarta, saat yang tepat untuk memulai mengamati Venus adalah 4 jam lebih 4 menit sebelum Matahari terbit.
Lihat Venus di Titik Elongasi Tertinggi Lihat Venus di Titik Elongasi Tertinggi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/22/2014 06:52:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.