Kapan Kita Bisa Amati Planet-planet Tata Surya di Langit?

Kapan Kita Bisa Amati Planet-planet Tata Surya di Langit?
Observasi langit malam. Kredit: Guardian
Info Astronomy - Mengamati langit malam, mungkin tidak semua orang mau melakukannya. Padahal kegiatan seperti ini sungguh menarik dan mengasyikan, ditambah jika ada planet-planet yang bisa diamati dan memiliki teleskop.

Mengamati langit malam dan menikmati keindahannya memberikan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Namun jika langit berawan dan terterangi oleh cahaya lampu kota, maka harapan untuk melihat keindahan langit malam usailah sudah.

Di langit Bumi, ada planet-planet yang dapat diamati keindahannya. Planet-planet tersebut di antaranya Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Kelima planet tata surya ini dapat diamati dengan mata telanjang jika kita tahu di mana letak persisnya. Dan untungnya, teknologi semakin berkembang. Kita bisa mengetahuinya dengan menggunakan peta langit.

Namun tanpa menggunakan peta langit, kita juga tetap bisa menemukannya. Dalam hal ini, kita harus peka terhadap langit dan sabar dalam menemukannya.

Pertama, amati planet Merkurius. Planet ini tidak selalu bisa diamati, kadang saat senja saja dan kadang saat dinihari saja. Kenampakannya biasa terlihat di awal dan diakhir bulan kalender.

Venus dapat ditemukan dengan mudah. Obyek ini adalah obyek langit paling terang ketiga di langit Bumi. Venus akan muncul bagai bintang dengan cahaya paling terang.

Venus biasa muncul di langit Barat saat senja pada November-Januari dan berada di Timur saat subuh pada Februari-April.

Sedangkan Mars, Jupiter dan Saturnus biasanya muncul pada Desember-April. Mereka masing-masing nampak bagai bintang merah, kuning keemasan dan kuning keputihan.

Perlu dicatat bahwa kenampakan planet-planet ini hanya akan menyerupai titik bintang di langit. Ini dikarenakan jarak mereka yang relatif jauh dari Bumi kita.
Kapan Kita Bisa Amati Planet-planet Tata Surya di Langit? Kapan Kita Bisa Amati Planet-planet Tata Surya di Langit? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/22/2014 05:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.