Hari Ini Ekuinoks Maret, Mari Kenali Lebih Dekat

Hari Ini Ekuinoks Maret, Mari Kenali Lebih Dekat
Diagram musim. Kredit: Earth Sky
Info Astronomy - Tahukah? Hari ini adalah Ekuinoks Maret! Ekuinoks Maret terjadi pada tanggal 20 Maret 2014 pukul 16:57 UT, atau 20 Maret 2014 pukul 23:57 WIB.

Ekuinoks Maret adalah suatu peristiwa yang menandakan awal musim semi di belahan Bumi Utara dan musim gugur di belahan Bumi Selatan.

Ekuinoks merupakan titik di orbit Bumi, tetapi juga suatu peristiwa yang terjadi di kubah imajiner langit Bumi. Ini menandai ketika Matahari melintasi ekuator dari Selatan ke Utara.

Ekuator langit adalah garis khayal yang membagi belahan langit Utara dan Selatan. Ekuator langit tepat di atas ekuator Bumi, dan pada saat ekuinoks, Matahari melintasi ekuator langit dan terus bergerak menuju Utara.

Semua istilah-istilah di atas memang imajiner atau khayal sifatnya, namun apa yang terjadi di setiap ekuinoks sangat nyata --nyata seperti Matahari yang melintasi langit setiap hari dan senyata perubahan musim.

Kondisi wajah Bumi saat ekuinoks terjadi. Kredit: NASA
Foto peta Bumi di atas merupakan ilustrasi yang terjadi saat ekuinoks berlangsung. Saat itu, hampir seluruh wilayah Indonesia sedang tengah malam.

Durasi waktu di Bumi saat terjadinya ekuinoks adalah sama. Artinya, waktu siang dan malam di seluruh dunia akan sama panjang. Poros Bumi akan 'tegak' di tata surya menghadap Matahari.

Setelah ekuinoks, akan ada solstis musim panas (atau dingin di belahan Bumi Selatan) yang terjadi pada Juni 2014. Solstis akan mengawali musim panas di belahan Bumi Utara dan musim dingin di belahan Bumi Selatan.
Hari Ini Ekuinoks Maret, Mari Kenali Lebih Dekat Hari Ini Ekuinoks Maret, Mari Kenali Lebih Dekat Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/20/2014 04:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.