Badai Baru di Jupiter Terlihat Seperti Mickey Mouse

Badai Baru di Jupiter Terlihat Seperti Mickey Mouse
Badai mirip Mickey Mouse di Jupiter. Kredit: Damian Peach
Info Astronomy - Inilah saat-saat yang terbaik untuk mengamati planet Jupiter. Para astrofotografer di belahan Bumi Utara bahkan telah memotret Jupiter yang akan mencapai oposisinya.

Salah satu astrofotografer tersebut adalah Damian Peach. Ia telah memotret beberapa gambar besar dari sebuah badai baru di atmosfer Jupiter dan Titik Merah Raksasa (Great Red Spot).

Kombinasi dari tiga badai baru yang telah dicatat di atmosfer Jupiter ini ternyata mirip dengan wajah tokoh serial kartun Mickey Mouse (setidaknya secara garis besar).

Selain foto, Damian juga telah merekam video yang menakjubkan (ada di bawah) yang menunjukkan rotasi planet Jupiter selama tiga jam.

Damian menjelaskan, badai Mickey Mouse adalah dua anticyclones (daerah tekanan tinggi) yang membentuk telinga sementara siklon yang memanjang (tekanan rendah) membentuk wajah.

Banyaknya badai di Jupiter disebabkan dari atmosfer padat Jupiter yang mengandung hidrogen dan helium berinteraksi dengan medan gravitasi yang besar. Badai di planet ini menjadi yang terkuat di seluruh Tata Surya.

Jupiter mencapai titik paling Utara di tahun 2014 pada deklinasi dari +23,3 derajat pada tanggal 11 Maret 2014. Saat mudah diamati dengan mata karena Jupiter muncul seperti bintang paling terang di langit malam.

Badai Baru di Jupiter Terlihat Seperti Mickey Mouse Badai Baru di Jupiter Terlihat Seperti Mickey Mouse Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/26/2014 03:51:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.