Awan Badai Muncul di Planet Mars

Awan Badai Muncul di Planet Mars
Awan badai di Planet Mars. Kredit: Anthony Wesley
Info Astronomy - Pada April 2014 mendatang, Bumi dan Mars akan berada pada jarak terdekatnya masing-masing untuk tahun ini. Peristiwa ini dinamakan oposisi, yang tepatnya terjadi pada 8 April 2014.

Saat itulah Mars bakal terbit di Timur saat Matahari terbenam, hampir sempurna berlawanan Matahari, dan menjulang di langit atas kepala pada tengah malam. Mars akan bersinar 8 kali lebih terang daripada bintang bermagnitudo 1 seperti Spica.

Meskipun oposisi ini masih sebulan lagi, para astronom sudah menikmati pemandangan Planet Merah sejak awal Maret lalu. Astrofotografer asal Australia, Anthony Wesley, mengambil gambar Mars di atas menggunakan teleskop 16 inci pada 6 Maret 2014.

Gambar resolusi tingginya menunjukkan ada awan orografis di atas gunung berapi Elysium yang ada di Utara dari khatulistiwa Mars dan awan biru lebih cerah pada atas dampak cekungan Hellas di belahan Selatan.

Mendapatkan hasil jepretan tersebut dari teleskop 16 inci membutuhkan kombinasi dari penglihatan yang baik dan pengalaman bertahun-tahun. Wesley merupakan salah satu astrofotografer amatir top dunia.
Awan Badai Muncul di Planet Mars Awan Badai Muncul di Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/10/2014 02:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.