Aurora Menakjubkan di Langit Pegunungan Swedia

Aurora Menakjubkan di Langit Pegunungan Swedia
Aurora di langit Swedia. Kredit: Chad Blakley
Info Astronomy - Northen Light atau yang biasa dikenal dengan aurora menari di langit di atas sebuah wilayah pegunungan di Swedia.

Fotografer Chad Blakley yang menangkap foto aurora yang menakjubkan di atas. Selain ia memotret, ia juga membuat video khusus untuk aurora ini. [Video bisa dilihat di bawah artikel ini]

"Aurora kali ini adalah salah satu yang terbaik tahun ini dan saya berharap akan terus mengesankan hingga musim dingin berakhir," kata Blakley seperti dikutip dari Live Science.

"Kemunculan aurora di sini dimulai setelah Matahari terbenam dan terus berlanjut hingga larut malam," tambahnya.

Aurora yang menakjubkan seperti yang dipotret Blakley yang disebabkan oleh partikel bermuatan dari Matahari (angin matahari) yang berinteraksi dengan atmosfer Bumi (pada ketinggian di atas 80 km).

Partikel tersebut lalu ditarik ke wilayah kutub Bumi dengan bantuan medan magnet. Aurora di atas Kutub Utara dikenal sebagai aurora borealis, atau cahaya utara. Sedangkan di Kutub Selatan dikenal sebagai aurora australis atau cahaya selatan.

Ketika partikel bermuatan dari Matahari secara aktif menerpa atmosfer Bumi, maka akan menciptakan aurora yang spektakuler dengan warna-warna cerah yang disebut korona aurora.

Aurora Menakjubkan di Langit Pegunungan Swedia Aurora Menakjubkan di Langit Pegunungan Swedia Reviewed by Riza Miftah Muharram on Maret 12, 2014 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!