Astronot Indonesia Siap Meluncur ke Antariksa bersama AXE Apollo

Astronot Indonesia Siap Meluncur ke Antariksa bersama AXE Apollo
Kiri: Astronot Buzz Aldrin, kanan: Astronot Indonesia Rizman. Kredit: Unilever
Info Astronomy - Rizman Adhi Nugraha akan menjadi astronot atau tepatnya turis antariksa asal Indonesia pertama yang diberangkatkan pada tahun 2015 mendatang.

Pemuda asal Bangka Belitung ini dinobatkan sebagai salah satu dari 23 pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy di Florida, Amerika Serikat, pertengahan tahun 2013 lalu.

Sebagai pemenang, Rizman yang lolos setelah berkompetisi melawan lebih dari 100 finalis dari 61 negara, bakal ke antariksa pada tahun 2015, dengan XCOR Aerospace Lynx, sebuah pesawat luar angkasa komersial.

Para juri yang salah satunya adalah astronot legendaris Amerika yang pernah mendarat di Bulan bersama Neil Armtrong yang bernama Buzz Aldrin, mengumumkan kemenangannya di Kennedy Space Center, Florida.

23 orang yang sudah terpilih dalam kompetisi AXE Apollo Space Academy akan menikmati perjalanan gratis ke luar angkasa. Mereka akan merasakan hal yang tidak semua orang dapat rasakan.

Semua pemenang terdiri dari 2 wanita dan 21 pria dari 21 negara yang berbeda. Dan berikut daftar 23 pemenang Axe Apollo Space Academy :
  1. Patrick Carney (AS)
  2. Theo Abbaci-Nel (Kanada)
  3. Marco Gorrasi (Brasil)
  4. Oliver Knight (Inggris)
  5. Felix Stach (Jerman)
  6. Cyril Garnier (Prancis)
  7. Jordi Ollebeck (Belanda)
  8. Eduardo Luruena (Spanyol)
  9. Robert Vokal (Slovakia)
  10. Denis Efremov (Rusia)
  11. Halil Kayıkçı (Turki)
  12. Omar Samra (Mesir)
  13. Vinay Singh (India)
  14. Takanobu Yoneya (Jepang)
  15. Rizman Adhi Nugraha (Indonesia)
  16. Pirada Techavijit (Thailand)
  17. Thanh Long Vu (Vietnam)
  18. Tim Gibson (Australia)
  19. Hamish Fagg (Selandia Baru)
  20. Tale Sundlisæter (Norwegia)
  21. Mandlenkosi Maseko (Afrika Selatan)
  22. Qing Guo (China)
  23. Daniel Angelo “Chino” Roque (Filipina)
Sambil menunggu keberangkatannya ke luar angkasa pada tahun 2015, Rizman yang bercita-cita menjadi pengusaha ini bertekad untuk meningkatkan ketahanan fisiknya dengan lebih rajin berolahraga.

Saat ini ia belum tahu misi spesial apa yang akan dibawanya ke luar angkasa, tetapi dirinya bertekad untuk mendokumentasikan semua kegiatannya nanti untuk bisa dibagikan kepada masyarakat Indonesia.

“Saya ingin mengharumkan nama bangsa Indonesia dan membanggakan orangtua, serta tanah kelahiran saya, Belitung,” ujar Rizman.
Astronot Indonesia Siap Meluncur ke Antariksa bersama AXE Apollo Astronot Indonesia Siap Meluncur ke Antariksa bersama AXE Apollo Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/18/2014 01:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.