Venus Mencapai Puncak Kecerlangannya Februari Ini

Venus Mencapai Puncak Kecerlangannya Februari Ini
Venus di langit pagi India. Kredit: Rajib Maji
Info Astronomy - Pernah melihat bintang paling terang di langit selepas Subuh belakangan ini? Selamat, Anda berhasil melihat Planet Venus --planet kedua di tata surya kita.

Planet Venus sangat terang, ia merupakan obyek langit paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan. Venus akan mencapai puncak kecerlangannya pada 15 Februari 2014 mendatang.

Kapan kita bisa melihat Venus?
Anda akan dengan mudah menemukan Venus di langit selepas Subuh pada 11 Januari hingga 25 Oktober 2014 ini. Seperti pada foto di atas, Venus hanya akan nampak bagai bintang kuning cemerlang saja.

Venus selalu terlihat cemerlang. Sampai-sampai banyak orang awam yang melaporkan melihat UFO (yang padahal adalah Venus). Dan di sejarah tentara Amerika, kenampakan Venus sempat dikira balon mata-mata sehingga mereka menembakinya agar terjatuh.

Seberapa cemerlang Venus?
Dalam astronomi, untuk menghitung kecerlangan suatu obyek langit digunakan satuan magnitudo. Semakin kecil nilai magnitudo maka semakin terang suatu obyek tersebut.

Venus akan mencapai magnitudo -4,9 saat puncak kecerlangannya. Saat ini ia memiliki magnitudo -3. Sebagai perbandingan, Matahari kita memiliki magnitudo -26.

Kenapa Venus mencapai puncak kecerlangan?
Venus adalah planet seperti Bumi, ia juga mengorbit Matahari. Orbitnya ada di dalam kita (planet kedua), sehingga Venus lebih dekat dengan Matahari.

Itulah mengapa planet yang mempesona ini menampilkan berbagai fase, seperti Bulan kita. Anda membutuhkan teleskop untuk mengamati fase Venus.

Percaya atau tidak, Venus tidak akan berada di puncak kecerlangan pada fase penuh. Justru dalam fase ini Venus akan berada saat jauh dari Bumi, tepatnya di seberang Matahari atau yang disebut konjungsi superior.


Demikian juga, Venus tidak di puncak kecerlangan ketika Venus berada pada jarak paling dekat dengan Bumi. Lalu bagaimana?

Venus mencapai puncak kecerlangan ketika diterangi Matahari sebagian atau sebelah sisi planet. Kalau fase Bulan, fase Venus ini disebut Venus Separuh. Itu terjadi ketika permukaan Venus sekitar seperempat (25%) diterangi oleh sinar Matahari.

Jadi, sekaranglah saat yang bagus untuk melihat Venus. Orang-orang yang tidak tahu akan heran dengan apa yang ia lihat, bertanya apa obyek itu, dan Anda dapat memberitahunya kalau itu adalah Venus!
Venus Mencapai Puncak Kecerlangannya Februari Ini Venus Mencapai Puncak Kecerlangannya Februari Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/04/2014 02:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.