'Serangan' Cahaya Aurora di Langit Malam Norwegia

'Serangan' Cahaya Aurora di Langit Malam Norwegia
Aurora di Norwegia pada 27 Februari 2014. Kredit: Anne Birgitte Fyhn
Info Astronomy - Sebuah pancaran aurora muncul secara terus-menerus di langit Norwegia. Aurora ini muncul di lintang tinggi Norwegia.

Aurora hijau pada foto di atas diambil di Pulau Kvaløya, Tromsø, Norwegia pada 27 Februari 2014 oleh fotografer Anne Birgitte Fyhn menggunakan Nikon D610, eksposur: 8/1, f/2.8, ISO: 3200.

Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer Bumi dengan partikel bermuatan dari Matahari yang disebut dengan plasma.

Plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi. Pada umumnya gas tidak bermuatan, tetapi karena suhu yang sangat panas di Matahari menyebabkan partikel gas terionisasi maka terbentuklah plasma.

Plasma ini dipancarkan Matahari ke segala arah (biasanya pada saat terjadi aktivitas Matahari pancaran plasma bertambah), kemudian saat mendekati medan magnet Bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan).

Maka, plasma akan tertarik ke kutub-kutub Bumi, saat bertemu dengan partikel atmosfer Bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang indah.

Kenapa Aurora tidak pernah muncul di Indonesia?
Fenomena aurora terkait dengan selubung medan magnet atau magnetosfer Bumi dan kemunculan bahaya dari Matahari.

Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkirakan semakin kuat gangguan dari Matahari yang dikenal sebagai badai matahari (solar storm).

Karena yang berperan adalah medan magnet. Oleh karena itu di Bumi aurora paling sering terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan kutub selatan magnetiknya, dan sangat jarang bahkan tidak pernah terjadi di daerah khatulistiwa.

Aurora yang terkenal adalah Aurora Borealis (di kutub utara) dan Aurora Australis (di kutub selatan).

Katanya Aurora pernah muncul di Jakarta tahun 1909?
Pernah membaca informasi bahwa fenomena alam bernama aurora muncul di langit Jakarta pada tahun 1909? Kami yakin, Anda pasti langsung percaya tanpa mau cari tahu benar atau tidaknya.

Kebanyakan dari orang Indonesia, terlalu mudah percaya akan suatu informasi yang entah benar atau tidak. Seperti informasi aurora di Jakarta ini.

Setelah Info Astronomy telusuri, tidak ada data valid yang dapat membuktikannya. Iya, satupun tidak ada. Mari kita kenali dulu apa itu aurora.

Video proses terbentuknya Aurora

'Serangan' Cahaya Aurora di Langit Malam Norwegia 'Serangan' Cahaya Aurora di Langit Malam Norwegia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/27/2014 03:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.