Rigel, Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Orion

Rigel, Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Orion
Perbandingan Matahari dengan Rigel. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Rigel, juga dikenal dengan nama Bayer Beta Orionis (β Ori, β Orionis), adalah bintang paling terang di rasi bintang Orion dan bintang ketujuh paling terang di langit malam, dengan magnitudo visual 0.12.

Bintang ini terlihat hanya satu dari permukaan Bumi, namun sebenarnya adalah sebuah sistem tiga bintang, dengan bintang utama (Rigel A) yang merupakan maharaksasa biru keputihan.

Magnitudo mutlak Rigel A mencapai -7,84 atau setara dengan sekitar 130.000 kali lebih terang dari Matahari kita.

Meskipun Rigel memiliki Bayer sebutan "beta", ia hampir selalu lebih terang dari Alpha Orionis (nama lain dari bintang Betelgeuse, bitang yang seharusnya paling terang). Maka dari itu, Rigel menjadi bintang paling terang di Orion.

Perkiraan spektroskopi menyatakan bahwa jarak Rigel dari Bumi adaah antara 700 hingga 900 tahun cahaya, sedangkan pengukuran Hipparcos tentang paralaks menyatakan jaraknya 860 tahun cahaya, dengan margin of error sekitar 9%.

Rigel adalah bintang maharaksasa berwarna biru keputihan dan memiliki massa sekitar 18 kali massa Matahari serta bersinar sekitar 117.000 kali luminositas Matahari. Bintang Rigel memiliki diameter 74 kali radius Matahari.
Rigel, Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Orion Rigel, Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Orion Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/17/2014 03:05:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.