Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan

Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan
Letak Bulan dan Venus. Tanggal dan waktu ada di foto. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Bulan dan Venus akan berdekatan satu sama lain atau dalam astronomi peristiwa ini disebut konjungsi, mereka akan berdekatan 0°20' satu sama lain.

Bulan dan Venus akan terlihat di arah Timur di langit dinihari sampai terbit fajar. Pada saat konjungsi, Bulan akan berada di magnitudo -10,7 dan Venus di magnitudo -5.4, baik diamati dengan mata telanjang.

Peristiwa ini bisa diamati mulai pukul 4:00 waktu setempat dinihari 26/2/2014 hingga Matahari terbit. Sebenarnya, peristiwa ini bisa diamati sepanjang hari, namun cahaya Venus kalah terang dengan Matahari.

Jika saja cahaya Matahari redup hingga pukul 16:00 WIB (26/2), penduduk Indonesia Barat bisa menyaksikan okultasi Venus yang terjadi pada pukul 12.00 sampai 16.00 WIB.

Sayangnya, sinar Matahari tidak akan redup begitu saja. Kita tidak bisa melihat peristiwa okultasi Venus --persitiwa dimana Bulan menggerhanai Venus-- karena saat terjadi langit sedang terang benderang.
Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/25/2014 07:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.