Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan

Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan
Letak Bulan dan Venus. Tanggal dan waktu ada di foto. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Bulan dan Venus akan berdekatan satu sama lain atau dalam astronomi peristiwa ini disebut konjungsi, mereka akan berdekatan 0°20' satu sama lain.

Bulan dan Venus akan terlihat di arah Timur di langit dinihari sampai terbit fajar. Pada saat konjungsi, Bulan akan berada di magnitudo -10,7 dan Venus di magnitudo -5.4, baik diamati dengan mata telanjang.

Peristiwa ini bisa diamati mulai pukul 4:00 waktu setempat dinihari 26/2/2014 hingga Matahari terbit. Sebenarnya, peristiwa ini bisa diamati sepanjang hari, namun cahaya Venus kalah terang dengan Matahari.

Jika saja cahaya Matahari redup hingga pukul 16:00 WIB (26/2), penduduk Indonesia Barat bisa menyaksikan okultasi Venus yang terjadi pada pukul 12.00 sampai 16.00 WIB.

Sayangnya, sinar Matahari tidak akan redup begitu saja. Kita tidak bisa melihat peristiwa okultasi Venus --persitiwa dimana Bulan menggerhanai Venus-- karena saat terjadi langit sedang terang benderang.
Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan Rabu Dinihari, Giliran Venus Bertemu Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on Februari 25, 2014 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!