Perbandingan Besar Bulan di Apogee dan Perigee

Perbandingan Besar Bulan di Apogee dan Perigee
Perbandingan besar Bulan saat di Perigee dan Apogee. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Mungkin masih asing di telinga sebagian orang mengenai Bulan di Apogee dan Perigee. Mari kita kenali lebih jauh.

Bulan Perigee adalah saat Bulan berada pada titik dekatnya dengan bumi. Jarak Bulan ke Bumi bisa mencapai 356.400 km saat di perigee.

Dalam pergerakannya mengelilingi Bumi, Bulan akan berada di perigee setiap 27,55 hari. Februari ini bulan akan berasa pada posisi perigee pada 15 Februari 2014.

Pada tanggal yang sama (15/2), Bulan akan mencapai fase Bulan Purnama pada 23.50 UTC atau sekitar pukul 18.30 WIB. Jika langit cerah kita juga dapat melihat Halo Bulan (cincin pelangi) di sekitar Bulan.

Sedangkan Bulan Apogee adalah Bulan yang berada pada titik terjauhnya dengan Bumi. Jarak Bulan ke Bumi dapat mencapai 406.500 km. Hari ini adalah jarak terjauh Bulan dari Bumi. [Simak infonya]

Ditulis oleh Sri Rahmawati (kontributor)
Disunting seperlunya oleh Moderator
Perbandingan Besar Bulan di Apogee dan Perigee Perbandingan Besar Bulan di Apogee dan Perigee Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/12/2014 06:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.