Lihat Bulan di Dekat Jupiter Selama Dua Malam

Letak Bulan dan Jupiter pada 10/2/2014 pukul 19:00. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Titik cahaya yang cemerlang di dekat Bulan Bungkuk malam ini adalah planet Jupiter, planet kelima dari Matahari . Lihatlah mereka di Timur, beberapa menit setelah Matahari terbenam.

Bulan dan Jupiter yang berdekatan ini bisa diamati malam ini (10/2) dan besok malam (11/2) pada waktu yang hampir sama.

Sangat bagus diamati mulai pukul 19:00 (di langit Timur) sampai pukul 3:00 (di langit Barat esok harinya waktu setempat.

Jupiter memiliki 60 satelit alami yang diketahui. Hanya empat dari 60 satelit alami Jupiter yang cukup besar sehingga mudah untuk dilihat melalui teleskop kecil. Keempat satelit alami itu adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Selain Bulan dan Jupiter, Anda juga bisa mengamati gugus bintang Pleiades di dekat mereka berdua.

Lihat Bulan di Dekat Jupiter Selama Dua Malam
Letak Pleiades, Bulan dan Jupiter malam ini (10/2) pukul 19:00. Kredit: Stellarium Software
Dalam astronomi, Pleiades atau Gugus Kartika (M45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi.

Tahukah kamu? Dalam tradisi perbintangan Jawa ia dikenal sebagai Lintang Wuluh. Gugus tersebut didominasi oleh bintang-bintang biru panas yang terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu.

Debu yang membentuk nebula pemantul di sekitar bintang-bintang terang awalnya dikira sebagai sisa-sisa pembentuknya (disebut Nebula Maia), namun sekarang diketahui bahwa nebula tersebut hanyalah awan debu medium antarbintang yang kebetulan sedang dilintasi oleh gugus.

Astronom memperkirakan gugus akan bertahan hingga sekitar 250 juta tahun lagi, setelah itu gugus akan tercerai-berai karena interaksi gravitasi dengan obyek-obyek tetangganya.

Pengamatan Bulan, Jupiter maupun Pleiades bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Pastikan kondisi cuaca saat pengamatan sedang cerah tidak berawan.