Lihat 4 Planet dalam Semalam di Februari 2014

Lihat 4 Planet dalam Semalam di Februari 2014
Mengamati langit malam. Kredit: Chris Photography
Info Astronomy - Setidaknya ada 4 (empat) planet tata surya kita yang bisa dengan mudah diamati di langit selama bulan Februari 2014 ini.

Keempat planet tersebut adalah Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Keempatnya secara 'bergantian' muncul di langit malam. Bagaimana cara melihatnnya?

Jupiter
Jupiter adalah planet pertama yang bisa diamati sejak Matahari terbenam. Ia menjadi benda langit paling terang kedua di langit malam di Februari 2014 setelah Bulan. Tidak ada cahaya bintang yang lebih terang darinya.

Jupiter muncul di langit hampir sepanjang malam di bulan Februari, Anda sudah dapat mengamati Jupiter mulai 19:00 waktu setempat, saat itu ia ada di langit Timur. Jupiter akan bergerak semu ke Barat seiring waktu.

Tidak dapat membedakan mana bintang dan mana yang Jupiter? Catatlah bahwa Jupiter lebih terang dari bintang lainnnya. Ia akan nampak seperti titik kuning cemerlang di langit. Ia juga berada di rasi Gemini.

Mars
Planet Mars muncul saat larut malam sampai fajar. Mars terbit di Timur sekitar pukul 23:00 waktu setempat pada awal Februari 2014.

Pada akhir Februari, ia akan terbit lebih awal dan lebih cepat terbenam. Mars tidak seperti Jupiter, ia akan nampak bagai bintang merah yang tidak berkelap-kelip.

Planet Mars sekarang ini berada di rasi bintang Virgo, ia berada di dekat bintang Spica --bintang paling terang di rasi bintang Virgo.

Saturnus
Saturnus terbit di Timur sekitar pukul 1:00 waktu setempat pada awal Februari, dan sekitar tengah malam pada akhir Februari mendatang. Planet berwarna emas ini bersinar di depan rasi bintang Libra.

Kedudukan Satunrus naik hari demi hari, ia akan naik sebelum tengah malam pada bulan Maret 2014. Saturnus akan nampak sepanjang malam pada Mei 2014.

Dengan mata telanjang, Anda hanya akan melihat Saturnus seperti bintang kuning keemasan saja, tanpa cincin. Tapi jika menggunakan teleskop kecil, mungkin akan membatu melihat cincinnya.

Venus
Venus kini dijuluki "Bintang Timur" atau "Bintang Pagi" dikarenakan setelah konjungsi inferior pada 11 Januari 2014, Venus muncul di langit dinihari (bukan di senja lagi).

Planet Venus adalah benda langit paling terang ketiga, setelah Matahari dan Bulan. Venus akan sangat mudah ditemukan di langit, ini karena ia nampak 100x lebih terang daripada bintang-bintang di dekatnya.

Anda bisa mengamati Venus mulai pukul 4 dinihari waktu setempat di langit Timur. Semakin mendekati waktu Matahari terbit, kedudukan Venus akan semakin tinggi.

Nah, itulah empat planet yang bisa diamati di langit malam selama bulan Februari 2014. Anda bisa mengamati semuanya dengan mata telanjang selama langit cerah atau setidaknya tidak berawan dan hujan.

Ditulis oleh: Riza Miftah Muharram
Lihat 4 Planet dalam Semalam di Februari 2014 Lihat 4 Planet dalam Semalam di Februari 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/09/2014 01:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.