3 Juni, Bulan Berada di Jarak Terjauh dari Bumi

3 Juni, Bulan Berada di Jarak Terjauh dari Bumi
Perbandingan Bulan di jarak terdekat (perigee) dan jarak terjauh (apogee). Kredit: NASA
Info Astronomy - Bulan akan mencapai titik terjauh sepanjang orbitnya dengan Bumi pada 3 Juni 2014. Kenampakannya akan lebih kecil dari Bulan pada biasanya.

Jarak Bulan dari Bumi bervariasi karena orbitnya bukan berbentuk  lingkaran sempurna, melainkan sedikit berbentuk oval atau yang disebut elips.

Karena Bulan orbitnya elips saat mengelilingi Bumi, jaraknya antara 363.000 kilometer hingga 405.000 kilometer. Pada jarak terjauhnya, Bulan ada di fase Sabit.

Pada jarak terjauhnya (apogee) pada 3 Juni 2014 pukul 11:26 WIB, Bulan akan berada pada jarak sekitar 404.000 kilometer dari Bumi dan muncul dengan diameter sudut 29.49 arcmin.

Hal ini dapat dibandingkan dengan ukuran rata-rata Bulan yang sampai 31.07 arcmin. Untuk membedakan besar atau kecilnya Bulan, harus dibandingan dengan Bulan di lain hari. Fotografer pasti paham.

Anda bisa mengamati Bulan besok malam saat Matahari terbenam di langit atas kepala. Anda juga akan menemui Planet Mars di dekat Bulan. Mars nampak bagai bintang kemerahan di langit atas kepala saat sunset.

Bintang kuning paling terang di dekat Bulan malam ini adalah Jupiter. Jupiter hanya akan nampak bagai titik saja jika Anda amati dengan Bumi.

Selamat mengamati!
3 Juni, Bulan Berada di Jarak Terjauh dari Bumi 3 Juni, Bulan Berada di Jarak Terjauh dari Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/02/2014 08:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.