FOTO: Nebula Hati di Luar Angkasa

Nebula Hati. Kredit: NASA
Info Astronomy - Gambar di atas merupakan penampakan dari IC 1805 atau yang dikenal sebagai Heart Nebula (Nebula Hati).

Nebula Hati adalah emisi gas bercahaya dan jalur lingkar debu gelap yang terletak sekitar 7500 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di lengan Perseus dari galaksi Bima Sakti kita, searah dengan konstelasi Cassiopeia.

Bagaimana, cantik dan romantis, kan? Jadi, jika Anda ingin menyatakan kasih sayang di suasana hari Valentine ini boleh dengan menunjukkan penampakan Nebula Hati kepada orang terkasih.

Dekat pusat nebula ini terdapat bintang panas besar dari gugus bintang yang baru lahir yang juga dikenal sebagai Melotte 15, berumur sekitar 1,5 juta tahun.

Pandangan mendalam dari daerah sekitar Nebula Hati ini meliputi sekitar dua derajat di langit atau sekitar empat kali diameter Bulan Purnama.

Ditulis oleh Maulian Eka (kontributor)