Header Ads

FOTO: Galaksi Bima Sakti dan Venus

Baca Juga

FOTO: Galaksi Bima Sakti dan Venus
Bentangan galaksi Bima Sakti dan planet Venus (titik terang di bawah). Kredit: Mike Taylor
Info Astronomy - Sebuah pemandangan menakjubkan berhasil diabadikan fotografer Mike Taylor di Maine, Amerika Serikat pada 5 Februari 2014. Taylor mengabadikan foto ini menggunakan Nikon D600 & 14-24mm.

Untuk Anda yang masih bingung, bagaimana bisa kita memotret galaksi Bima Sakti padahal kita berada di dalam galaksi Bima Sakti, hal ini sama saja seperti kamu melihat dinding rumah di dalam rumah.

Jadi, kita tidak melihat keseluruhan galaksi kita. Kita hanya melihat sebagiannya saja. Dalam foto, galaksi Bima Sakti membentang dari arah Utara (kiri foto) hingga horizon Timur (dekat Venus, titik kuning cemerlang).

Galaksi Bima Sakti tidak bisa diamati dengan mata telanjang dalam suasana langit yang gelap sekalipun. Ini dikarenakan Bima Sakti diliputi awan gelap sehingga terlalu redup untuk dilihat mata.

Bentangan galaksi Bima Sakti hanya bisa diamati dengan teknik fotografi dan ia juga muncul setiap malam. Sedangkan Venus, saat ini ia muncul 60 sampai 75 menit sebelum Matahari terbit di langit Timur.

Untuk mengamati Venus, Anda tidak membutuhkan alat bantu. Cukup dengan mata telanjang maka Anda bisa mengamati Venus dengan jelas yang nampak bagai bintang kuning paling terang di langit.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.