Saran pencarian

FOTO: Cincin Pelangi di Matahari dari Kebumen

FOTO: Cincin Pelangi di Matahari dari Kebumen
FOTO: Cincin Pelangi di Matahari dari Kebumen
Halo Matahari di Kebumen, Jawa Tengah. Kredit: Muh. Hamzah Al Jaffar
Info Astronomy - Inilah Halo Matahari, atau lingkaran bercahaya seperti pelangi di sekeliling Matahari, di Kebumen pada Selasa 4 Februari 2014 sekitar pukul 10:30 WIB. Lingkarannya tak hanya berwarna putih, namun menampakkan warna-warna pelangi.

Pertanda apa? Setelah Kebumen diterjang banjir, diguncang gempa dan kemarin baru saja dihantam angin ribut, mau ada apa lagi?

Astronom amatir Muh. Ma'rufin Sudibyo menjelaskan yang jelas bukan pertanda bencana apapun. Halo Matahari adalah murni fenomena optis di dalam atmosfer Bumi, yang terjadi seiring adanya awan tinggi (awan cirrus) di atas suatu kawasan.

Awan tinggi ini mengandung kristal-kristal es dalam orientasi tertentu. Saat berkas sinar Matahari mengenai kristal-kristal es ini, ia akan dibiaskan demikian rupa menjadi warna-warna pelangi.

Dan jika sinar tersebut mencapai mata kita, maka kita akan menyaksikannya seolah-olah Matahari dikelilingi oleh lingkaran warna pelangi. Hal yang sama juga bisa terjadi apabila posisi Matahari digantikan oleh Bulan Purnama --yang disebut Halo Bulan.

Jadi tidak perlu cemas, tidak perlu bingung, apalagi malah menyebar SMS ngawur. Namun bersyukurlah, karena Halo Matahari justru menandakan langit sedang lumayan cerah. Dan bersyukurlah, karena telah menjadi saksi mata bagi peristiwa yang lumayan langka.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.