Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

FOTO: Aurora Ungu di Langit Amerika Serikat

FOTO: Aurora Ungu di Langit Amerika Serikat
FOTO: Aurora Ungu di Langit Amerika Serikat
Aurora ungu di AS. Kredit: Mike Taylor
Info Astronomy - Sebuah aurora --pancaran cahaya yang menyala-nyala di atmosfer-- muncul di langit malam negara bagian Maine, Amerika Serikat.

Aurora ini dipotret oleh astrofotografer bernama Mike Taylor pada malam 18 Februari 2014, ketika aurora yang terang terlihat agak ke selatan langit.

Aurora adalah cahaya yang memendar di langit yang hanya nampak di Kutub Utara dan Selatan Bumi saja. Pendaran caya aurora berasal dari sabuk radiasi Van Allen.

Sabuk radiasi Van Allen merupakan daerah yang memiliki partikel energi terbesar dari angin Matahari yang berhembus menjauhi inti Matahari dan ditangkap oleh medan magnet Bumi.

Sabuk radiasi Van Allen bagian luar bermuatan proton, sedangkan bagian dalamnya bermuatan elektron. Saat terjadi aurora, elektron-elektron menuju ke arah Bumi dengan gerakan spiral, terutama ke arah kutub di sepanjang garis medan magnet.

Selanjutnya mereka bertemu dengan ion-ion yang terdapat di dalam thermosfer, sehingga menghasilkan emisi cahaya.

Cahaya pada aurora diemisikan antara ketinggian terbawah (80-105 kilometer) hingga level teratas (200 kilometer) di atas permukaan Bumi.

Indonesia yang ada di wilayah khatulistiwa tidak bisa mengamati aurora karena medan magnet Bumi (salah satu pemicu terbentuknya aurora) hanya ada di kedua kutub Bumi saja.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.