Cincin Milik Planet Saturnus Menghilang?

Cincin Milik Planet Saturnus Menghilang?
Saturnus "tanpa" cincin. Kredit: NASA
Info Astronomy - Jika ini planet Saturnus, ke mana cincinnya? Ketika cincin Saturnus menghilang tahun 1612, Galileo Galilei tidak mengerti sebabnya.

Kemudian kita menjadi tahu bahwa hilangnya cincin ini karena Bumi melintasi "bidang cincin” (ring plane crossing) Saturnus.

Ketika sedang dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Saturnus membelokkan cincinnya menjadi sejajar dengan garis pandang dari Bumi setiap 14-15 tahun sekali.

Karena cincinnya sangat tipis, mereka tidak bisa teramati jika dilihat melalui teleskop kecil dan akan terlihat menghilang. Seperti yang diamati Galileo.

Di zaman modern, wahana ruang angkasa Cassini yang mengorbit Saturnus juga melintasi bidang cincin Saturnus.

Serangkaian gambar dari wahana Cassini saat melintasi bidang cincin Saturnus pada bulan Februari 2005 digali kembali dari arsip gambar mentah Cassini oleh astronot amatir asal Spanyol Fernando Garcia Navarro.

Gambar diatas menunjukkan bidang cincin tipis Saturnus muncul dalam warna biru, pita dan awan diatmosfer atas Saturnus muncul dalam warna emas.

Rincian cincin Saturnus bisa dilihat dalam bayang-bayang gelap yang tinggi di bagian atas gambar ini. Salah satu satelit alami bernama Titan milik Saturnus muncul sebagai benjolan pada cincin.
Cincin Milik Planet Saturnus Menghilang? Cincin Milik Planet Saturnus Menghilang? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/24/2014 05:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.