Bulan Purnama "Salju" Muncul Malam Ini

Bulan Purnama "Salju" Muncul Malam Ini
Bulan Purnama dan siluet pesawat terbang. Kredit: Hans Wi
Info Astronomy - Pray For Kelud. Segenap tim Info Astronomy sebelumnya ingin menyampaikan turut prihatin karena peristiwa erupsinya Gunung Kelud tadi malam (13/2). Semoga musibah ini cepat berlalu.

Malam ini, Bulan --satu-satunya satelit alami yang dimiliki planet Bumi-- akan muncul dalam fase Bulan Purnama atau Full Moon.

Namun ternyata, Bulan memasuki fase penuh total pada 6:53 WIB tanggal 15 Februari 2014. Bulan Purnama pada 14-15 Februari ini dijuluki Full Snow Moon.

Pemberian julukan Full Snow Moon dikarenakan di belahan Bumi utara masih mengalami musim dingin dan orang-orang di sanalah yang memberikan julukannya.

Bulan Purnama bisa diamati mulai pukul 18:00 waktu setempat (14/2) sampai esok pagi saat ia terbenam pukul 06:00 waktu setempat (15/2).

Potensi Bulan Biru
Gunung Kelud yang baru saja meletus menyebabkan debu melayang-layang di atmosfer Bumi kita. Partikel dari debu ini bisa membuat Bulan terlihat berwarna kebiruan.

Warna kebiruan ini hanya ilusi optik akibat benturan cahaya Bulan dengan partikel debu vulkanik di atmosfer. Jadi, ini hanya fenomena biasa.

Kami tidak bisa menjamin apakah fenomena Bulan Biru ini akan muncul atau tidak. So, you must see it tonight!
Bulan Purnama "Salju" Muncul Malam Ini Bulan Purnama "Salju" Muncul Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/14/2014 01:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.