Badai Matahari Meletup Selasa Pagi

Badai Matahari Meletup Selasa Pagi
View Matahari saat terjadi Badai Matahari Selasa pagi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Badai Matahari besar (kelas X4,9) meletup tadi pagi 25 Februari 2013 pukul 07:49 WIB, bersumber dari bintik Matahari AR 1990 (eks bintik Matahari 1967 yang sudah menua).

Posisi bintik Matahari tersebut ada di koordinat 13 LS 78 BT Matahari, atau berada di tepi cakram Matahari sebelah Timur jika dilihat dari Bumi.

Badai diawali dengan flare yang kemudian disusul pelepasan massa korona Matahari dalam jumlah besar seperti terpantau satelit pengamat Matahari SOHO.

Sinar-X yang dilepaskan badai ini menyebabkan ionisasi massif pada molekul-molekul udara di lapisan atmosfer bagian atas.

Sehingga diprakirakan menyebabkan komunikasi radio dalam frekuensi tinggi mengalami blackout dalam kawasan cukup luas selama sekurang-kurangnya sejam.

Demikian pula sinyal navigasi dalam frekuensi rendah. Namun arah hempasan partikel-partikel badai Matahari ini tidak menuju ke Bumi. Maka tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Catatan penting: Badai Matahari sama sekali tidak berbahaya dan tidak berdampak negatif bagi kehidupan di Bumi. Badai Matahari juga bukan merupakan penyebab suhu Bumi yang panas.
Badai Matahari Meletup Selasa Pagi Badai Matahari Meletup Selasa Pagi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/25/2014 01:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.