Asteroid Sebesar Kapal Feri Melintasi Bumi Awal Pekan Ini

Asteroid Sebesar Kapal Feri Melintasi Bumi Awal Pekan Depan
Ilustrasi. Kredit: Nature
Info Astronomy - Sebuah asteroid bernama 2014 BW32 akan melintasi Bumi pada 3 Februari 2014 pukul 20:37 WIB. Asteroid ini berdiameter sekitar 23 kilometer.

Asteroid 2014 BW32 akan melintasi langit atas wilayah New Mexico dan tidak berpotensi bertubrukan dengan Bumi kita.

2014 BW32 bergerak cepat dengan magnitudo semu +16,8 saat berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi sehingga asteroid ini akan sulit diamati dengan mata telanjang.

Daya ledak asteroid 2014 BW32 diperkirakan setara dengan 160 juta bom atom Hirosima yang diledakan serentak di permukaan Bumi. Untungnya, asteroid ini hanya melintas tanpa menabrak.

Menurut data dari NASA, asterpid 2014 BW32 berasal dari sabuk asteroid di antara planet Mars dan planet Jupiter. Ia juga mengorbit Matahari layaknya Bumi.

Saat melintasi Bumi, jarak terdekatnya adalah 1,9 jarak Bumi-Bulan atau sekitar 620.000 kilometer.