Saran pencarian

Apa Jadinya Jika Matahari Menghilang?

Apa Jadinya Jika Matahari Menghilang?
Apa Jadinya Jika Matahari Menghilang?
Pemandangan Matahari terbit dari luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Jika matahari menghilang, manusia di Bumi baru akan menyadarinya 8 menit kemudian. Ini dikarenakan jarak Matahari-Bumi adalah 8 menit cahaya (1 SA atau 150 juta kilometer).

Sebelum 8 menit tadi, kita masih melihat 'hantu' Matahari di langit. Saat itu sebenarnya Matahari sudah tiada. Dan 8 menit kemudian kita tidak akan menemukan Matahari lagi di langit. Siang hari akan tiba-tiba menjadi malam.

Tidak hanya itu, karena tidak ada gaya gravitasi dari Matahari, Bumi akan bergerak dalam garis lurus di luar angkasa. Tidak lagi mengikuti orbitnya.

Teori relativitas khusus Einstein menjelaskan kepada kita bahwa jika tidak ada Matahari, Bumi tidak akan bisa bergerak secepat cahaya (300.000 kilometer per detik).

Meskipun bebas dari gravitasi Matahari, Bumi masih bergerak pada kecepatan yang sama seperti sebelumnya (30 kilometer per detik). Bedanya, tidak akan ada siang dan malam lagi karena Matahari sudah tiada.

Jika Anda berada di sisi malam Bumi ketika Matahari menghilang, Anda mungkin tidak melihat apa-apa pada awalnya. Tapi kemudian langit malam akan mulai berubah.

Sebagai contoh, jika ada Bulan Purnama --yang bersinar dengan sinar Matahari yang ia pantulkan-- cahayanya akan menghilang beberapa detik setelah Matahari menghilang.

Selama beberapa jam, planet-planet yang biasa kita amati seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus akan redup satu per satu, ini dikarenakan mereka juga memantulkan cahaya Matahari.

Namun peristiwa hilangnya Matahari ini tidak akan terjadi, setidaknya dalam ilmu sains. Jadi, tidak perlu cemas dan khawatir dengan hal ini.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.