4 Planet Tata Surya Muncul dalam Satu Malam

Jupiter, Mars dan Saturnus. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Empat planet di Tata Surya akan bisa disaksikan penduduk Bumi selama beberapa pekan ke depan.

Planet-planet yang akan muncul dan dapat diamati tersebut adalah Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Keempat planet tidak akan tampil sekaligus, tetapi secara bergiliran sejak senja hingga fajar.

Pada Senin (24/2/2014) malam pukul 19:00 waktu setempat, Anda bisa mulai mengamati Jupiter. Bila jeli, maka planet bisa disaksikan tanpa alat bantu alias dengan mata telanjang.

Jupiter akan tampak di langit atas kepala dengan magnitudo -1,26. Mengamati Jupiter merupakan hal yang mudah jika Anda sering mengamati langit malam. Jupiter akan nampak seperti bintang paling terang.

Sementara itu, Mars dan Saturnus akan muncul pada pukul 00:00 waktu setempat, masing-masing dengan magnitudo 0,11 dan +1,33. Mars nampak bagai bintang merah dan Saturnus berwarna kuning keputihan.

Seperti pada foto di atas, Mars akan lebih dulu terbit ketimbang Saturnus. Dengan begitu, jangan sampai tertukar ya.

Semakin pagi, Venus akan terbit di ufuk Timur sekitar pukul 03:00 waktu setempat. Venus merupakan obyek langit paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Magnitudonya -3,35.

Untuk melihat kesemua planet ini, akan lebih baik mencari tempat yang lapang dan jauh dari polusi cahaya. Jangan lupa membawa perlengkapan, seperti jaket, minuman hangat, kamera, dan teleskop, jika sewaktu-waktu ingin mengamati lebih jelas.

Selain planet, masih ada obyek langit lain yang bisa disaksikan. Seperti Bulan dan ada bintang Sirius yang merupakan bintang paling terang juga.

Untuk mempermudah pengamatan, ada baiknya mengunduh software Stellarium agar mengetahui posisi planet. Klik di sini.