Yuk Membuat Peta Langit Sederhana!

Pola peta langit. Kredit: Langit Selatan
Info Astronomy - Selain teleskop untuk mengamati bintang-bintang, seorang astronom juga membutuhkan peta langit untuk menemukan bintang-bintang. Sekarang ini sudah banyak peta langit digital, namun kali ini kita akan membuat peta langit sederhana.

Namanua Planisphere. Planisphere berasal dari bahasa latin planisferum yang digunakan pertama kali di abad ke-2 oleh Ptolemy untuk menggambarkan representasi bola Bumi dalam peta pada sebuah bidang.

Planisphere pertama kali digunakan sebagai gambaran bola langit pada sebuah bidang pada tahun 1624 oleh Jacob Bartsch yang merupakan menantu Johannes Kepler.

Planisphere merupakan proyeksi bola langit atau sebagian bola langit dalam sebuah peta bintang berbentuk lingkaran. Dengan menggunakan planisphere bisa diketahui obyek apa saja yang akan dapat diamati pada satu waktu tertentu dan di mana posisinya.

Mari kita buat!
Alat:
1. Gunting atau cutter
2. Pola planisphere (silakan unduh polanya di sini)
3. Lem

Cara membuat:
1. Setelah mengunduh pola pada link di atas, cetak pola pada kertas tebal atau sebuah karton manila. Lalu gunting polanya

Gambar 1. Pola planisphere yang sudah dicetak dan digunting. Kredit: Langit Selatan
2. Rekatkan peta langit utara dan selatan bolak balik dengan tanda segitiga hitam pada peta langit utara dan selatan saling berhimpit. Seperti pada Gambar 2.

Gambar 2. Penempatan 2 bola langit pada planisphere. Kredit: Langit Selatan
3. Gunakan cutter untuk memotong area penunjuk waktu pada wadah planisphere seperti Gambar 3 di bawah ini. Serapih mungkin ya.

Gambar 3. Potong wadah dengan cutter. Kredit: Langit Selatan
4. Lem bagian bertulisan "Lem di sini" dengan lem kertas yang telah disiapkan. Sebelumnya dilekuk dulu seperti pada Gambar 4.

Gambar 4. Lem wadah. Kredit: Langit Selatan
5. Nah, jika sudah diberi lem kedua wadahnya, satukan saja. Lalu masukan pola peta bintang yang sudah jadi ke dalam wadah seperti pada Gambar 5.

Gambar 5. Masukan peta langit ke wadah. Kredit: Langit Selatan
Nah, planisphere sederhana kita sudah dapat digunakan sekarang. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni putar peta langit sehingga jam bersesuaian dengan jam pengamatan lalu menghadaplah sesuai arah yang ditunjukkan peta langit (utara atau selatan).

Selamat mencoba!