Wahana Antariksa Rosetta Dibangunkan dari Tidurnya Sore Ini

Wahana Antariksa Rosetta Dibangunkan dari Tidurnya Sore Ini
Ilustrasi wahana Rosetta mendarat di komet. Kredit: ESA
Info Astronomy - Tahun baru 2014 berawal gaduh bagi para ilmuwan Badan Antariksa Eropa. Mereka sedang mempersiapkan fase terakhir misi wahana nir awak, Rosetta, yang akan bangun dari tidur musim dinginya.

Sejak hampir sepuluh tahun Rosetta mengitari tata surya. Manuvernya menjauhi Matahari dalam dua setengah tahun terakhir membuat Rosetta kehabisan bahan bakar. Wahana yang diluncurkan tahun 2004 itu pun ditidurkan guna mengisi ulang energi lewat sel surya.

Dan hari ini, tanggal 20 Januari 2014 pukul 17:00 WIB, Rosetta akan dibangunkan oleh empat 'jam wecker' sekaligus.

Sesaat setelah sistemnya berfungsi dan antena kembali diarahkan ke Bumi, Rosetta bakal kembali menghubungi Pusat Pengendalian Luar Angkasa di Darmstadt, Jerman. Pertengahan tahun depan, wahana itu akan mendekati sasarannya, Komet Churyumov-Gerasimenko.

Selama setahun Rosetta akan mengamati komet yang mengitari Matahari dalam kurun waktu 6,5 tahun tersebut. November mendatang wahana itu akan meluncurkan kapsul pendarat yang membawa laboraturium mini guna mempelajari susunan material Churyumov-Gerasimenko.

Komet diyakini menyimpan debu kosmik dan es dari masa-masa terbentuknya sistem tata surya empat setengah miliar tahun lalu. Mempelajari material tersebut bisa mengungkap bagaimana kehidupan bisa muncul di Bumi.

Nonton dibangunkannya Rosetta secara online di sini.
Wahana Antariksa Rosetta Dibangunkan dari Tidurnya Sore Ini Wahana Antariksa Rosetta Dibangunkan dari Tidurnya Sore Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/20/2014 01:54:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.