Venus Akan Muncul di Langit Pagi, Bagaimana Melihatnya?

Venus Akan Muncul di Langit Pagi, Bagaimana Melihatnya?
Letak Venus dekat Matahari. Kredit: Starry Night Software
Info Astronomy - Ada yang berbeda sepekan terakhir ini. Bagi yang menyadari, Venus sudah tidak nampak di langit senja lagi. Ia bergerak mendekati Matahari ditinjau dari Bumi karena sedang konjungsi inferior.

Pergerakan Venus ini membuat kedudukannya dekat dengan Matahari, sehingga ia tidak bisa dilihat dengan mata telanjang di langit Bumi untuk sementara waktu.

Para 11 Januari 2014, Venus berada satu garis lurus antara Matahari dan Bumi. Peristiwa ini disebut konjungsi inferior. Pada 2012, konjungsi inferior Venus membuat warga Bumi takjub karena "Transit Venus".

Ya. Terakhir kali konjungsi inferior Venus adalah pada 6 Juni 2012. Pada tanggal itu, Venus lewat di depan piringan Matahari seperti yang terlihat dari Bumi, sebuah peristiwa sangat langka yang hanya terjadi 2 kali dalam 1 abad.

Sedangkan pada Sabtu (11/1), Venus berada di arah Utara Matahari, sehingga tidak akan terlihat pada piringan Matahari oleh pengamat di Bumi seperti 6 Juni 2012 silam.

Beberapa pekan berikutnya, planet Venus akan benar-benar terlihat jelas di langit. Kapan tepatnya? Mulai tanggal 22 Januari sampai dengan 17 Agustus 2014.

Pada awal 22 Januari 2014, Anda bisa mengamati Venus jika horison Timur Anda tidak terhalang gedung, gunung atau obyek tinggi lain. Namun jangan khawatir, semakin hari kedudukan Venus semakin tinggi.

Kita semua akan segera menikmati keindahan Venus lagi. Namun bukan di langit senja, tapi di langit subuh. Ya, pada 22 Januari - 17 Agustus 2014 Venus akan muncul di langit subuh.
Venus Akan Muncul di Langit Pagi, Bagaimana Melihatnya? Venus Akan Muncul di Langit Pagi, Bagaimana Melihatnya? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/12/2014 04:32:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.