Malam Ini Puncak Hujan Meteor Quadrantid

Malam Ini Puncak Hujan Meteor Quadrantid
Hujan meteor. Kredit: Cody Limber
Info Astronomy - Untuk yang tidak bisa begadang, sebaiknya Anda tidur siang ini. Hujan meteor Quadrantid akan mencapai puncaknya pada 4 Januari 2013 mulai pukul 2:30 waktu setempat.

Hujan meteor Quadrantid mampu menyamai tingkat intensitas meteor Perseid di Agustus dan Geminid Desember yakni mencapai 50-100 atau lebih meteor per jam di langit gelap. Jangan lewatkan puncaknya atau Anda tidak bisa melihat banyak meteor!

Quadrantid muncul di sekitar rasi bintang Bootes dan Ursa Major (Big Dipper), wilayah radiannya disebut Kwadran Miralis. Seperti pada gambar di bawah.

Malam Ini Puncak Hujan Meteor Quadrantid
Titik radian hujan meteor Quadrantid. Kredit: Opp
Titik radian atau lokasi langit munculnya hujan meteor Quadrantid akan terbit di arah Timur Laut pukul 2:30 waktu setempat. Hujan meteor ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia dengan mata telanjang.

Anda tidak perlu teleskop untuk melihatnya. Anda hanya perlu langit gelap dan cuaca cerah (tak ada awan). Selamat mengamati!
Malam Ini Puncak Hujan Meteor Quadrantid Malam Ini Puncak Hujan Meteor Quadrantid Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/03/2014 02:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.