'Ledakan' Aurora Hijau di Langit Malam Norwegia

Info Astronomy -  Pada 11 Januari 2014, fotografer Bjørn Hugo Hansen dari Øverbygd, Norwegia, mengamati sebuah ledakan dari aurora, dengan efek suara.

"Suhu saat itu sekitar -27 derajat Celsius, dan aku juga sedang berdiri di es. Dari kejauhan aku bisa mendengar suara retakan dari es, suara aneh seperti campuran seekor paus memukul es dan gempa kecil." kata Hansen, seperti dikutip Spaceweather.

Menurut pengakuan Hansen, hal ini terjadi. Suara ledakan dan aurora hijau yang menari di atas rumah penduduk Norwegia dikabarkan sering muncul atau terjadi.

Inilah foto dari Hansen saat ia juga mendengar suara ledakan:

'Ledakan' Aurora Hijau di Langit Malam Norwegia
Aurora di Norwegia. Kredit: Bjørn Hugo Hansen
Aurora memang sering terjadi pada awal tahun ini, hal ini disebabkan oleh angin Matahari yang semakin intens menerpa Bumi karena bintik Matahari secara aktif melontarkan partikel bermuatan ke arah Bumi.

Wilayah Bumi yang dapat mengamati aurora hanya sekitaran kutub Utara dan kutub Selatan saja. Ini dikarenakan wilayah tersebut dekat dengan medan magnet Bumi. Pembentukan aurora salah satunya adalah karena ada medan magnet.

Indonesia yang ada di khatulistiwa hanya bisa menikmati keindahan aurora lewat foto seperti di atas.
'Ledakan' Aurora Hijau di Langit Malam Norwegia 'Ledakan' Aurora Hijau di Langit Malam Norwegia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/17/2014 07:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.