Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Hampir Setiap Malam di Norwegia Muncul Aurora

Hampir Setiap Malam di Norwegia Muncul Aurora
Hampir Setiap Malam di Norwegia Muncul Aurora
Aurora Borealis di langit Skibotn, Norwegia. Kredit: Jason Moy
Info Astronomy - Dari sekian banyak negara di belahan Bumi Utara, Norwegia menjadi negara terbaik untuk pengamatan Aurora Borealis (Cahaya Utara).

Negara yang terletak di Utara Eropa ini menyajikan pemandangan aurora yang menakjubkan. Tidak hanya itu, langit dengan kualitas bagus juga membuat pengamatan langit malam terasa luar biasa.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Norwegia untuk melihat aurora, datanglah saat musim dingin seperti sekarang ini (21 September hingga 21 Maret).

Hampir Setiap Malam di Norwegia Muncul Aurora
Aurora Norwegia. Kredit: Jason Moy
"Aurora di Norwegia biasa muncul pada pukul 18.00 sampai dengan 1 dinihari. Terdiri dari berbagai macam warna dan bentuk yang indah," kata Jason Moy, fotografer asal Norwegia kepada Space Weather.

"Jika Anda datang pada bulan Desember atau Januari, Anda mengalami malam polar dengan waktu malam hari yang pendek." tambahnya.

Aurora di langit malam Norwegia, menurut pernyataan Jason Moy, hampir terlihat setiap malam. Anda dijamin tidak bisa tidur hanya untuk mengamati aurora.

Jason Moy memotret kedua foto aurora ini saat ia berkumpul dengan teman-temannya di komunitas fotografer.

Ia mengabadikannya dengan kamera SONY NEX-7, eksposur 15/1, f/1.0, ISO: 3200 pada 23 Januari 2014.

Kenapa tidak di Indonesia saja?
Aurora adalah hasil dari interaksi antara partikel-partikel di atmosfer Bumi dengan partikel bermuatan yang dilontarkan Matahari ke arah Bumi.

Partikel bermuatan ini dilontarkan Matahari saat terjadi badai Matahari atau saat angin Matahari berhembus ke arah Bumi.

Aurora tidak terjadi di khatulistiwa karena partikel bermuatan yang dilontarkan Matahari tertarik ke medan magnet Bumi.

Dan medan magnet Bumi adanya di kutub Utara dan Selatan. Sedangkan Indonesia di khatulistiwa. Dengan begitu, Indonesia bukan tempat yang cocok untuk menikmati indahnya aurora.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.