Foto Terbaru Megahnya Galaksi Andromeda

Foto Terbaru Megahnya Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda. Kredit: Chuck Manges
Info Astronomy - Jika biasanya kita memandangi langit malam dengan penuh bintang-bintang, seorang astrofotografer asal Amerika Serikat bernama Chuck Manges berhasil mengabadikan galaksi Andromeda.

Foto terbaru dari galaksi Andromeda ini Manges dapatkan saat ia sedang berlibur di California, tulisnya di akun Flickr-nya.

Galaksi Andromeda adalah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa Bulan dan tanpa polusi cahaya.

Nama lain dari galaksi ini adalah M31, Messier 31 atau NGC 224. Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya.

Letaknya di langit adalah di belahan langit Utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit Utara, tapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda.

Ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.
Foto Terbaru Megahnya Galaksi Andromeda Foto Terbaru Megahnya Galaksi Andromeda Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/28/2014 01:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.