Fakta Menarik tentang Tata Surya Kita

Fakta Menarik tentang Tata Surya Kita
Letak tata surya di galaksi Bima Sakti. Kredit: SPACE Wallpaper
Info Astronomy - Planet-planet dalam sistwm Tata surya kita mengorbit Matahari. Planet ketiga dari Matahari yang disebut Bumi membutuhkan waktu 1 tahun untuk menyelesaikan orbit mengelilingi Matahari.

Sementara itu, seluruh objek di sistem Tata surya kita mengorbit pusat galaksi Bima Sakti. Matahari dan anggotanya bergerak dengan kecepatan sekitar 800 ribu kilometer per jam dalam orbit besar mengelilingi Bima sakti.

Jadi misalnya, dalam 90 detik, kita semua bergerak sekitar 20.000 kilometer (12.500 kilometer) mengorbit di sekitar pusat galaksi!

Galaksi Bima Sakti kita adalah tempat yang besar. Bahkan pada kecepatan super ini, Matahari
membutuhkan waktu sekitar 225-250 juta tahun untuk menyelesaikan satu perjalanan mengorbit pusat galaksi.

Jumlah tahun (waktu yang dibutuhkan Tata surya untuk mengorbit pusat galaksi) kadang-kadang disebut "tahun kosmik."

Tahukah Anda ada perbedaan nama antara Bumi mengorbit Matahari dan Matahari beserta anggotanya mengorbit Bima sakti? Bumi mengelilingi Matahari disebut Rotasi (rotate) sedangkan Matahari dan anggotanya mengelilingi Bima sakti disebut Revolusi (revolve).

Di sisi lain, rotasi berarti "berputar pada porosnya". Bumi berputar pada porosnya setiap 24 jam. Matahari juga berputar, tetapi tidak berputar secara keseluruhan pada permukaannya.

Pergerakan bintik matahari menunjukkan bahwa matahari berputar setiap 27 hari sekali di khatulistiwa, tetapi kutubnya memerlukan waktu 31 ​​hari untuk melakukan sekali putaran.
Fakta Menarik tentang Tata Surya Kita Fakta Menarik tentang Tata Surya Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/18/2014 12:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.