Cantiknya! Inilah Aurora Pertama di Tahun 2014

Cantiknya! Inilah Aurora Pertama di Tahun 2014
Aurora di Norwegia setelah pergantian tahun pada 1 Januari 2013. Kredit: Branislav Beliancin
Info Astronomy - "Cantiknya!", itulah yang tim Info Astronomy katakan saat melihat foto aurora pertama di tahun 2014 di atas.

Perpaduan warna hijau, kuning, ungu dan merah jambu membuat aurora ini begitu cantik membakar langit malam wilayah Virga, Norwegia pada 1 Januari 2013.

Tepatnya saat orang-orang merayakan pergantian tahun baru 2013 menjadi 2014, seorang astrofotografer bernama Branislav Beliancin memotret aurora ini. Sungguh lebih indah dari melihat pesta kembang api.

Beliancin adalah seorang astrofotografer asal Norwegia. Ia mengatakan dalam akun Flickr-nya, "Apa hal yang lebih menarik untuk menghabiskan malam tahun baru dibandingkan dengan langit cerah dan juga tampilan aurora? Tidak ada."

Angin Matahari berkecepatan lebih dari 500 km per detik telah hentakan medan magnet Bumi, memicu aurora di Lingkaran Arktik pada awal-awal tahun baru ini. Angin Matahari ini juga memicu badai geomagnetik di kedua kutub Bumi.

Sayangnya, Aurora tidak akan muncul di Indonesia
Aurora hanya muncul di langit sekitaran wilayah kutub Utara dan kutub Selatan Bumi saja. Ini karena plasma dari angin Matahari yang membentur atmosfer akan tertarik oleh medan magnet Bumi (yang ada di kedua kutub).

Karena tarikan tadi, cahaya hanya muncul di kedua kutub Bumi. Indonesia yang ada di wilayah ekuator atau khatulistiwa tidak bisa melihat indahnya aurora di langit secara langsung.
Cantiknya! Inilah Aurora Pertama di Tahun 2014 Cantiknya! Inilah Aurora Pertama di Tahun 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/02/2014 12:40:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.