Bumi Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 6 Januari 2014

Bumi Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 6 Januari 2013
Badai Matahari yang mengarah ke Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Bintik Matahari (sunspot) raksasa bernama AR1944 memiliki medan magnet yang kuat dan sempat melontarkan badai Matahari ke arah Bumi. Lembaga cuaca antariksa NOAA mencatat 75% dari flare kelas-M dan 30% dari kelas-X menghentak Bumi pada 6 Januari 2014.

Sebuah coronal mass ejection (CME) telah menerpa Bumi. CME ini berasal dari sunspot AR1944 tadi sejak dilontarkan pada 4 Januari 2014. Wahana SOHO milik NASA telah merekam lontaran ini. [Klik untuk melihat rekaman]

Badai Matahari ini memicu badai geomagnetik di kedua kutub Bumi dan menciptakan aurora di wilayah Tromso, Norwegia pada malam 5 Januari 2014.

Bumi Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 6 Januari 2013
Aurora di Tromso, Norwegia pada 5 Januari 2014. Kredit: Kristin Berg
Aurora ini dipotret oleh astrofotografer bernama Kristin Berg. Kristin yang kebetulan tinggal di Norwegia sengaja memotret pemandangan indah aurora ini di langit atas rumahnya.

Info penting
Badai Matahari tidak menyebabkan terbakarnya planet Bumi karena Bumi memiliki lapisan atmosfer yang sangat kuat, khususnya magnetosfer.

Badai Matahari juga tidak ada hubungannya dengan cuaca Bumi. Jadi walaupun ada badai Matahari, cuaca di Bumi bisa apa saja. Panasnya suhu Bumi juga bukan pengaruh badai Matahari ini.

Aurora banyak muncul saat badai Matahari terjadi, namun hanya muncul di langit sekitaran kutub Utara dan Selatan saja. Sebab medan magnet Bumi ada di sana. Indonesia tidak bisa melihat aurora.

Fakta menarik
Banyak beredar fakta bahwa di Jakarta pernah muncul aurora beberapa tahun silam, fakta ini tidak benar karena tidak adanya bukti valid yang bisa dipercaya.
Bumi Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 6 Januari 2014 Bumi Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 6 Januari 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/06/2014 04:41:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.