Bulan Dekat Saturnus dan Kembalinya Planet Venus

Letak Bulan dan Saturnus 26/1/2014 pukul 4 dinihari. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Jika Anda bangun tidur sebelum fajar pada hari Sabtu, 26 Januari 2014 carilah Bulan di langit. Obyek terang di dekat Bulan saat itu adalah planet Saturnus. Keduanya berada di depan konstelasi Libra.

Bulan dan planet Saturnus akan terlihat terang. Magnitudo Bulan akan mencapai -10,39 dan magnitudo Saturnus akan mencapai 0,75. Dengan begitu, keduanya begitu jelas diamati dengan mata telanjang saja.

Untuk memudahkan pengamatan Anda, Anda bisa melihatnya melalui teleskop kecil (jika ada). Jika menggunakan teleskop, Anda berkesempatan melihat cincin Saturnus yang menakjubkan.

Objek terang lainnya sebelum fajar pada Januari 2014 adalah objek bintang kemerahan yang indah di langit, ia adalah planet Mars yang berada di rasi bintang Virgo.
Bulan Dekat Saturnus dan Kembalinya Planet Venus
Mars dekat Spica. Kredit: Stellarium

Selain keindahan merah Mars, ada objek merah lainnya dekat cakrawala, di bawah Bulan dan Saturnus.

Namanya adalah bintang Antares, dan itu adalah bintang paling terang di rasi Scorpius.

Bulan, Saturnus, Mars dan bintang-bintang Antares, Spica dan Zubenelgenubi dapat membantu Anda untuk membayangkan ekliptika -- jalur orbit dari Matahari, Bulan dan planet-planet.

Kembalinya Venus di langit
Saat kegelapan mulai memudar dan langit menjadi terang, atau sekitar 75 sampai 60 menit sebelum Matahari terbit, kita dapat meihat Venus yang mempesona di langit Timur.

Meskipun planet-planet dan bintang-bintang akan memudar karena cahayanya kalah dengan Matahari, planet Venus akan tetap terang dan Bulan akan membantu Anda menemukannya.

Planet Venus muncul pada pukul 5:00 waktu setempat mulai pada 25 Januari 2014. Dan seterusnya ia akan muncul di langit Timur saat dinihari, tidak di senja lagi.

Selamat mengamati.