Bukit Pasir yang Aneh Terlihat di Permukaan Planet Mars

Bukit Pasir yang Aneh Terlihat di Permukaan Planet Mars
Bukit pasir aneh di permukaan Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah bukit pasir berbentuk tidak biasa ditemukan di Planet Mars. Sejak penemuannya hingga saat ini, para peneliti masih terus memelajarinya.

Peneliti menggunakan citra dari High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) dan menemukan kejanggalan bentuk gundukan pasir pada foto yang dihasilkan.

Bukit pasir tersebut berada di cekungan Hellas Planitia di Planet Merah. Cekungan tersebut berada di bagian selatan planet dengan panjang diameter 2300 kilometer dari Timur ke Barat.

Seluruh luas wilayah Hellas tersebut mencakup sekitar 7152 kilometer dan dipenuhi dengan bukit pasir yang sangat luas.

Jenis bukit pasir dengan bentuk yang janggal pada foto HiRISE tersebut dikenal dengan nama Barchan, sebuah pasir yang kerap berpindah-pindah tempat karena tertiup oleh angin. Pasir yang diterbangkan oleh angin ini biasanya membuat bentuk yang unik dan aneh.

Dalam kasus ini, Barchan terbentuk karena angin yang berhembus dari Timur ke Barat dan kemudian membuat bentuk yang aneh serta unik.

Hal seperti ini sebenarnya fenomena alam yang umum terjadi, dan bahkan fenomena serupa juga bisa ditemukan di wilayah padang pasir di Bumi kita.
Bukit Pasir yang Aneh Terlihat di Permukaan Planet Mars Bukit Pasir yang Aneh Terlihat di Permukaan Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/27/2014 12:33:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.