Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Desember 2013

Info Astronomy
Info Astronomy - Selamat datang Desember! Akhirnya kita sampai di penghujung tahun 2013. Di Desember 2013 ini, ada fenomena-fenomena astronomi yang tidak boleh Anda lewatkan. Apa saja?

Sebelumnya, seharusnya komet ISON bisa diamati pada bulan terakhir tahun ini. Namun ternyata komet ISON tidak bisa bertahan melawan keganasan Matahari.

Berikut daftar fenomena astronomi Desember 2013:

3 Desember 2013: Fase Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari pada 3 Desember 2013. Dengan begitu, Bulan tidak bisa diamati dari Bumi.

4 Desember 2013: Bulan di Perigee
Bulan yang sudah memasuki fase Sabit Muda akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi, atau dalam istilah astronomi disebut Perigee. Jaraknya saat itu adalah 360.065 kilometer.

13-14 Desember 2013: Hujan Meteor Geminid
Inilah hujan meteor terbaik yang pernah ada. Hujan meteor Geminid akan mencapai puncaknya pada malam 13 Desember dan berakhir pada pagi 14 Desember 2013. Diprediksi akan ada 60 meteor per jam. Bisa diamati dengan mata telanjang di arah rasi bintang Gemini.

17 Desember 2013: Bulan Purnama
Kali ini, Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan. Membuat kita yang di Bumi melihat Bulan secara penuh disinari Matahari. Fase Bulan Purnama bisa mulai diamati pada pukul 18.00 waktu setempat.

20 Desember 2013: Bulan di Apogee
Di 4 Desember 2013, Bulan ada di Perigee. Sedangkan pada 20 Desember 2013, Bulan akan berada di Apogee, yakni jarak terjauh dari Bumi. Jaraknya saat itu adalah 406.269 kilometer.

21 Desember 2013: Solstis Desember
Pada 21 Desember 2013, kutub Selatan Bumi akan lebih conong ke Matahari. Hal ini akan memulai musim dingin di belahan Bumi Utara dan musim panas di belahan Bumi Selatan.

Itulah fenomena-fenomena astronomi yang bakal terjadi pada Desember 2013. Selamat mengamati!

1. izin copas ya ! :)