Tutorial Membuat Teleskop Sederhana

Tutorial Membuat Teleskop Sederhana
Teleskop yang akan kita buat. Kredit: Jennita
Info Astronomy - Cara membuat teleskop sederhana mungkin sudah banyak ditemukan di mana-mana. Kita membutuhkan bahan-bahan yang mungkin sulit ditemukan untuk membuat teleskop sendiri.

Namun, kali ini Info Astronomy akan memberikan cara atau tutorial membuat teleskop sederhana dengan bahan-bahan yang mudah dicari atau dibeli.

Siapkan bahan-bahan


Bahan-bahan
Yang perlu disiapkan untuk membuat teleskop adalah:
  1. Kertas karton hitam. Wajib hitam ya, jangan yang lain.
  2. Staples
  3. Gunting
  4. Lakban hitam
  5. Lem
  6. 2 kaca pembesar/lup. Yang satu diameternya besar dan satu lagi lebih kecil ya.
  7. Kaleng tabung panjang, biasanya dari kaleng makanan ringan berupa keripik kentang.

 Mulai membuat

1. Lapisi kaleng bekas keripik kentang dengan karton hitam. Hal ini agar cahaya tidak masuk saat pengamatan.

Langkah 1
2.  Gulung karton hitam dengan diameter lebih kecil dari kaleng keripik kentang, jangan lupa diberi lem lalu masukan ke dalam kaleng.

Langkah 2
3. Gulung karton hitam lagi. Kali ini yang lebih panjang. Karton ini digunakan untuk meletakan lensa objektif. Jangan lupa dilem dan bagian yang diberi lem dilapisi lakban hitam.

Langkah 3
4. Masukan karton yang panjang pada langkah ke 3 kedalam kaleng yang telah dibuat di langkah pertama. Yang ini jangan diberi lem, nantinya bisa dimaju-mundurkan fokusnya.

Langkah 4
 5. Tempelkan kaca pembesar yang diameternya lebih besar ke kaleng, rekatkan dengan lem dan lakban hitam. Jangan lupa tempelkan kaca pembesar yang diameternya lebih kecil ke karton hitam yang panjang tadi.

Langkah 5
Nah, teleskop buatan sudah bisa digunakan!

Teleskop ini lumayan bagus untuk pengamatan Bulan. Namun karena menggunakan 2 kaca pembesar maka Bulan akan terlihat terbalik. Selamat mencoba!
Tutorial Membuat Teleskop Sederhana Tutorial Membuat Teleskop Sederhana Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/31/2013 05:40:00 PM Rating: 5

9 komentar

  1. sebelumnya telah disebutkan bahwa gambar bulannya terbalik dikarenakan memakai 2 kaca pembesar, lalu bagaimana caranya untuk membalikkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat mudah. Kamu bisa menggunakan cermin. Jadi, teleskop rakitan ini diarahkan ke cermin yang menghadap ke Bulan. Dengan begitu, wajah Bulan yang kita amati tidak akan terbalik. :)

      Hapus
    2. cermin yg di hadapakn kebulan gimana min ?tolong di jelasin mn.maksih

      Hapus
  2. Min, itu perbesaran kaca pembesarnya berapa kali?
    mohon dijawab, makasih

    BalasHapus
  3. Dikatakan lup yang pertama diameternya berbeda dengan lup yang kedua. Tapi, apa panjang fokus kedua lup harus sama atau boleh berbeda? kalau berbeda apa ada batasan perbedaan panjang fokusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya panjang fokus kedua lup disamakan agar lebih baik dalam pengamatan. Selamat mencoba! :)

      Hapus
    2. Kalau kita menggunakan 4 kaca pembesar atau lebih dengan diameter setiap kaca yang berbeda, apa itu bisa juga?

      Hapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.