Swiss Bangun Satelit Pembersih Sampah Antariksa

Swiss Bangun Satelit Pembersih Sampah Antariksa
Modul CleanSpace One milik Swiss. Kredit: Spacejunk News
Info Astronomy - Ilmuwan Swiss saat ini sedang membuat satelit 'petugas kebersihan' dengan tentakel fleksibel yang bisa menyapu sampah antariksa.

Satelit yang dinamakan CleanSpace One itu akan diluncurkan pada 2018 mendatang untuk membersihkan ribuan sisa buangan roket dengan kecepatan orbit lebih dari 28 ribu kilometer per jam.

Cara kerjanya, tentakel CleanSpace One menggenggam puing yang berada di sekitar orbit Bumi, lalu melemparkannya ke atmosfer. Gesekan dengan lapisan pelindung Bumi tersebut membuat puing tersebut terbakar dan habis.

Puing hasil buangan roket menjadi masalah serius yang bisa mengancam Bumi. Tahun lalu, Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA, melaporkan bahwa jumlah sampah antariksa yang mengorbit Bumi telah mencapai "titik kritis".

Swiss Bangun Satelit Pembersih Sampah Antariksa
Ribuan satelit dan sampah di antariksa. Kredit: Spacejunk News
Jumlah sampah antariksa diperkirakan mencapai 370 ribu potongan dengan kecepatan hingga 22 ribu mil per jam. Buangan tersebut menyulitkan pesawat ruang angkasa untuk meninggalkan planet ini.

Berdasarkan hitung-hitungan NASA, terdapat sekitar 500 ribu sisa roket, satelit rusak, dan puing-puing lainnya yang berada di orbit Bumi!

Puing-puing tersebut bergerak dalam kecepatan yang mendekati 17.500 mil per jam, cukup cepat untuk menghancurkan atau menimbulkan kerusakan parah pada sebuah satelit atau pesawat luar angkasa.

Tahun lalu, Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, EPFL, mengumumkan niatnya untuk merancang dan meluncurkan CleanSpace One. Kelompok ini sekarang telah selangkah lebih dekat ke tujuan mereka melalui jalinan kemitraan dengan Swiss Space System, S3.

Enjoy the Universe, save our Earth!
Swiss Bangun Satelit Pembersih Sampah Antariksa Swiss Bangun Satelit Pembersih Sampah Antariksa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/06/2013 02:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.