Struktur Ekor Komet Lovejoy yang Rumit

Komet Lovejoy. Kredit: NAOJ
Info Astronomy - Pada tanggal 3 Desember 2013, astronom dari Amerika Serikat dan Jepang menggunakan kamera lebar yang terdapat pada Subaru Telescope yang mengorbit Bumi untuk memotret ekor Komet Lovejoy.

Pada saat itu, komet Lovejoy berjarak 80 juta kilometer dari Bumi dan 130 juta kilometer dari Matahari. Matinya komet ISON, membuat komet Lovejoy menjadi bahan 'perburuan' astronom di seluruh dunia.

Desember 2013 ini, jika Anda dapat menemukan Big Dipper saat larut malam atau sebelum fajar -- tentu dengan langit gelap, bebas dari lampu-lampu kota -- Anda bisa menemukan Komet Lovejoy di dekatnya.

Foto di atas diambil oleh sebuah tim astronom dari Stony Brook University dan National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ). Terlihat struktur yang rumit pada ekor komet Lovejoy .

Komet Lovejoy bernama resmi C/2013 R1, ditemukan pada 7 September 2013 oleh Terry Lovejoy. Komet Lovejoy akan mencapai perihelion -- jarak terdekat dengan Bumi -- pada 22 Desember 2013 mendatang.