Segera Hadir, Aurora Pertama di Tahun 2014

Segera Hadir, Aurora Pertama di Tahun 2014
Lubang koronal di Matahari. Kredit: NASA SDO
Info Astronomy - Medan magnet di belahan utara Matahari seperti yang terlihat pada citra Matahari di atas telah terbuka, begitu konfirmasi NASA.

Medan magnet yang terbuka ini menciptakan sebuah lubang besar di atmosfer Matahari yang disebut lubang koronal. NASA Solar Dynamics Observatory sedang memantaunya.

Lubang koronal adalah tempat di mana medan magnet terbuka melalui atmosfer Matahari lalu menyebar terpisah dan memungkinkan untuk melepaskan angin Matahari.

Sebuah aliran angin Matahari mengalir dari lubang koronal ini dipastikan mencapai Bumi pada 02-03 Januari 2014, dan akan memicu badai geomagnetik di kutub Bumi.

Aurora pertama di tahun 2014 dipastkan akan muncul. Namun walaupun akan banyak angin Matahari yang menerpa Bumi, lapisan atmosfer kita akan sigap melindungi seluruh penghuni Bumi.

Aurora hanya akan muncul di kutub Utara dan kutub Selatan Bumi. Ini karena angin Matahari yang nantinya menerpa Bumi akan ditarik medan magnet Bumi yang ada di kutub-kutub Bumi dan menyentuh atmosfer kutub sehingga terbentuklah cahaya.

Tidak ada dampak negatif dari peristiwa ini. Peristiwa ini juga bukan penyebab panasnya suhu Bumi. Panasnya suhu karena kurang rindangnya daerah Anda sehingga sinar Matahari langsung memanasi daerah sekitar Anda.
Segera Hadir, Aurora Pertama di Tahun 2014 Segera Hadir, Aurora Pertama di Tahun 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/30/2013 01:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.