Satelit Alami Planet Jupiter Meluapkan Uap Air

Satelit Alami Planet Jupiter Meluapkan Uap Air
Europa yang meluapkan uap air. Kredit: NASA
Info Astronomy - Satelit alami milik planet Jupiter yang bernama Europa telah lama dianggap memiliki lautan yang terletak di bawah kerak es nya.

Pekan ini, di pertemuan American Geophysical Union 2013 di San Francisco, para ilmuwan mendiskusikan pengamatan uap air di atas kutub selatan dari Europa yang diamati melalui teleskop antariksa Hubble.

Ini adalah bukti kuat pertama ada uap air yang meluap dari permukaan Europa. Menguatkan ilmuwan tentang keberadaan makhluk hidup di sana karena adanya air.

Para peneliti mengatakan mereka belum yakin apakah uap air yang terdeteksi dihasilkan oleh gumpalan uap air di permukaan Europa, tapi mereka mengatakan mereka yakin ini adalah penjelasan yang paling mungkin.

Jika itu benar, maka Europa adalah satelit alami kedua di tata surya kita dikenal memiliki gumpalan uap air. Yang pertama ditemukan pada tahun 2005 di bulan milik Saturnus, Enceladus, oleh NASA Cassini yang mengorbit Saturnus.
Satelit Alami Planet Jupiter Meluapkan Uap Air Satelit Alami Planet Jupiter Meluapkan Uap Air Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/14/2013 11:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.