RIP Komet ISON: Memudar dan Sudah Menjadi Bubuk

Citra terkini komet ISON melalui satelit SOHO. Kredit: ESA
Info Astronomy - Komet ISON yang semakin menjauh dari Matahari pasca perihelion beberapa hari terakhir, sempat cemerlang dan kemudian saat ini memudar lagi.

Sekarang, tampaknya tidak mungkin kita akan mendapatkan pandangan yang lebih baik dari Komet ISON di langit Bumi pada Desember ini.

Seperti pada citra komet ISON yang diamati dari instrumen LASCO C3 pada satelit pengorbit Matahari bernama SOHO milik NASA dan ESA, komet ISON kini sudah memudar.

RIP Komet ISON: Memudar dan Sudah Menjadi Bubuk
Citra komet ISON di pagi hari (kiri) dan malam (kanan) pada 30 November 2013. Kredit: ESA
Anda bisa melihat citra perbandingan di atas, terlihat pada pagi hari pukul 07.54 UTC (30/11) komet ISON masih cemerlang, sekitar magnitudo -1.

10 jam berikutnya, atau pukul 22.30 UTC (30/11), komet ISON malah semakin meredup. Magnitudonya sekitar +3. Hal ini membuat komet ISON semakin sulit diamati, dan harapan hidupnya semakin kecil.

Ini pertanda bahwa proses desintegrasi (penghancuran) sisa inti komet ISON masih terus berlangsung. Apalagi sebuah badai Matahari kembali terjadi dan nampaknya menghantam sisa komet ISON ini, meski tak telak.

Jadi, apa kabar komet ISON? Maaf, dia sudah hampir hancur lebur menjadi bubuk.

1. Sayang sekali ya... padahal saya sudah ngamatin kometnya 4 hari 4 malem tanpa tidur sama sekali. Ehh... malah hancur :(
  2. Sayang banget kometnya udah hancur, emang sih matahari lagi ngalamin siklus sebelas tahunannya sekali jadi badai matahari di tahun ini lebih dahsyat dan makin mudah buat komet ISON hancur dan tergerus. Padahal dari kemarin-kemarin udah siap-siap mau liat ISON -_-
  3. bagi ilmu nya donk apa itu komet ISON?
    1. Silakan baca di sini: http://www.infoastronomy.co.vu/2013/12/mengenang-komet-ison.html