Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Preview Fenomena Langit Menakjubkan di Tahun 2014

Preview Fenomena Langit Menakjubkan di Tahun 2014
Preview Fenomena Langit Menakjubkan di Tahun 2014
Info Astronomy
Info Astronomy - Hampir tahun baru 2014, fenomena langit apa yang membuatmu terkesan di tahun 2013 ini? Pastinya banyak sekali ya.

Tahun 2014 mendatang tidak kalah serunya. Berikut Info Astronomy jabarkan preview fenomena-fenomena langit yang wajib kamu lihat di tahun 2014 mendatang.

Gerhana Bulan
Akan ada 2 fenomena gerhana Bulan pada tahun 2014, dan keduanya bisa diamati di beberapa wilayah Indonesia.

Yang pertama adalah pada 25 April 2014. Gerhana Bulan Total akan terjadi di samudera pasifik selatan. Wilayah yang bisa mengamatinya adalah Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, dan seluruh negara di Amerika Latin (kecuali Brasil).

Sedangkan di Indonesia. Gerhana Bulan ini hanya nampak di Papua, Nusa Tenggara, Sulawesi, Bali dan sebagian wilayah Kalimantan. Papua bisa melihatnya mulai 18.33 WIT, dan sisanya pukul 17.37 WITA.

Gerhana Bulan kedua akan muncul pada 8 Oktober 2014 mendatang. Ini juga Gerhana Bulan Total dan yang ini bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia (walau bertahap).

Indonesia Timur akan melihatnya lebih dulu pada 18.14 WIT, selanjutnya Indonesia Tengah bisa mengamatinya mulai 18.25 WITA dan disusul Indonesia Barat mulai pukul 18.23 WIB.

Hujan Meteor
Akan ada 3 hujan meteor berintensitas lumayan besar pada tahun 2014. Yakni hujan meteor Eta Aquarid, hujan meteor Perseid dan hujan meteor Gemind.

Eta Aquarid akan mencapai puncaknya pada 8 Mei 2014. Anda bisa mengamatinya mulai tengah malam hingga fajar di rasi bintang Aquarius. Intensitasnya akan mencapai 30-40 meteor per jam.

Perseid akan mencapai puncaknya pada 13 Agustus 2014. Bisa diamati mulai tengah malam hingga fajar di rasi bintang Perseus. Intensitasnya mencapai 80-100 meteor per jam.

Sedangkan Geminid akan mencapai puncaknya pada 14 Desember 2014. Muncul di rasi bintang Gemini dan bisa diamati mulai tengah malam hingga fajar juga. Intensitasnya 90 meteor per jam. Dan seluruh hujan meteor ini bisa diamati dengan mata telanjang.

Supermoon
Supermoon adalah istilah untuk menjelaskan Bulan Purnama yang nampak lebih besar dari Bulan Purnama biasanya. Ini dikarenakan jarak Bulan yang lebih dekat ke Bumi atau yang disebut Perigee.

Pada 2014, supermoon akan terlihat pada 10 Agustus. Saat itu Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi di tahun 2014 (356.896 kilometer).

Itulah preview fenomena-fenomena langit menakjubkan yang bakal muncul pada 2014. Semoga kita diberi umur panjang agar bisa melihat semuanya.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.