Jupiter. Kredit: NASA
Info Astronomy - Planet terbesar di tata surya, Jupiter, bisa diamati dengan mudah di langit malam yang bebas polusi. Sama seperti Venus, ia hanya akan nampak bagai bintang kuning cemerlang saja.

Mulai pertengahan Desember hingga akhir Januari 2014, Jupiter akan dengan mudah kita temukan di langit. Ia akan muncul mulai pukul 20.00 waktu setempat di langit Timur.

Letak Jupiter dekat rasi bintang Orion. Kredit: Stellarium
Jika Anda kesulitan menemukan Jupiter, temukan dulu Sabuk Orion. Sabuk Orion adalah bagian dari rasi bintang Orion, dapat dengan mudah ditemukan di langit karena merupakan tiga bintang sejajar.

Dalam foto, rasi bintang Orion dilingkari dengan warna merah. Ada dua bintang terang di sana, yakni Betelgeuse dan Rigel. Serta juga ada bintang tercerlang di langit malam, Sirius.

Magnitudo semu Planet Jupiter adalah -2,2, bisa dengan mudah diamati dengan mata telanjang. Namun jika Anda memiliki teleskop, sebaiknya digunakan. Anda bisa melihat "Bintik Merah Raksasa" di permukaan Jupiter.

Bintik merah raksasa di dalam lingkaran merah. Kredit: Hubble
Bintik merah raksasa Jupiter adalah sebuah badai abadi yang berukuran dua kali ukuran Bumi. Ia telah berkecamuk setidaknya sejak 300 tahun lalu.

Bintik merah raksasa di Jupiter adalah sistem badai raksasa terbesar di tata surya kita. Apa jadinya jika kita jatuh ke sana? Seram ya.

Seperti sebagian besar fenomena astronomi lain, bintik merah raksasa ini tidak terprediksi dan tidak dipahami dengan baik ketika ia ditemukan.

Bahkan sampai sekarang, detail tentang bagaimana dan mengapai bintik merah raksasa berubah bentuk, ukuran dan warna masih menjadi misteri.